Buku Kesehatan Ibu dan Anak

Hamil kali ini, saya memutuskan untuk memeriksakan di bidan. Setelah melahirkan anak pertama banyak cerita tentang enaknya periksa dibidan yang saya dengar, informasi yang kita dapat lebih banyak, lebih sabar dan banyak tips diberikan secara ibu baru mau bertanya juga bingung apa yang mau ditanyakan.

Tinggal di Kota kecil, Cirebon, rasanya menyenangkan, karena rumah-rumah bidan ada dimana2, puskesmas dekat, rumah sakit ibu dan anak pun juga dekat. Saya memutskan untuk periksa secara rutin di Bidan Ratri, masih 1 kompleks dengan perumahan saya, jadi kalau ada keluhan malam2, saya tinggal kerumah beliau.

7 tahun yang lalu merasakan hamil, membuat saya sudah lupa seperti apa rasanya hamil itu, jadi mendapa penjelasan dari bidan secara detail, sangat berguna tentunya. Bahkan yang mengejutkan, setiap kali periksa, Bidan Ratri, suka menuntun telapak tangan saya untuk ikut meraba perut untuk mengetahui posisi rahim.

Periksa di Puskesmas, sudah gratis, cepat pula, karena yang saya tahu, di kelurahan saya ini banyak lokasi pembantu puskesmas, sehingga pasien anak atau dewasa dengan sakit ringan seperti batpil, diare, cukup memeriksakan diri di puskesmas pembantu dekat lokasi rumah mereka, sehingga pasien tidak menumpuk di puskesmas.

Pertama kali periksa di puskesmas, waktu usia 5 minggu, kaget juga ada pemeriksaan urin dan darah untuk mengetahui kondisi dasar dan ada tidaknya HIV, cukup bayar 15.000, hal ini yang tidak saya dapatkan di RS kecuali jika ada indikasi kesehatan yang tidak normal, itupun dengan biaya yang tidak murah.

20150907_082115

saya juga mendapat Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) didalamnya banyak penjelasan untuk menjadi ibu dampai merawat anak, buku ini dipakai sampai anak usia 5 tahun.

20150907_08220820150907_082144

Didalam buku ini juga tersedia lembar yang harus diisi SPOG jika memeriksakan diri ke rumah sakit. Saya periksa ke DSOG saat usia kandungan 9week untuk memastikan kehamilan dan 20 week karena memasuki mid second trimester. Sebenarnya dengan BPJS saya bisa dengan gratis ke dsog tiap bulan, tetapi lebih nyaman rasanya memeriksakan diri ke bidan dan selalu penasaran dengan jauhnya kontrol dsog untuk USG. Untuk Vitamin sudah dapat dari puskesmas, dan bisa diganti dengan vitamin sendiri beli diapotik.

Semoga kehamilan ini berjalan lancar dan melahikan secara normal dan sehat. Amin.

20151029_163846

 

Leave a Reply

