Henan, Tiongkok, Mesjid Perempuan dipisah dengan Mesjid laki-laki

Selepas sahur biasanya saya dan K’ Abdurrohman tidur, tapi pagi ini rasanya pen nonton TV, pilihan jatuh ke Trans 7 acara Jazirah Islam (@jazirahislam). Dan seperti biasanya radio dari HP Samsung 108 kunyalakan, (caraku untuk tetap melatih ke focus-an).

Islam di Cina, Provinsi Henan, itulah temanya, yang unik penduduk rata2 menguasai kungfu Muslim (tdk membahas ini), dan lebih unik lagi, mesjid perempuan dipisah dengan mesjid laki2. Tentunya di mesjid perempuan imamnya pasti perempuan juga dong, kecuali untuk sholat jenazah, wajib laki2.

Provinsi Cina Tengah, Henan, sebuah provinsi di Republik Rakyat Tiongkok (sumb : Wikipedia), sebuah artikel yang saya baca memaparkan ada 65-100 juta jiwa atau 7.5% dari populasi Cina. Merupakan daerah kantong Islam dimana kaum muslim telah tinggal selama 1.000 tahun lebih.

Imam perempuan sudah dimulai sejak Dinasti Qing sekitar pertengahan abad ke-18, di Henan pemandangan seorang muslimah memimpin sholat jamaah disebuah mesjid khusus perempuan bukan suatu yang asing. Ge Caixia, memilih jalannya menjadi seorang imam perempuan, melepas posisi di sebuah perusahaan, dan itu hanya salah satu dari 100-an Imam Perempuan.

Dari tayangan @jazirahislam itu tampak diruangan mesjid disediakan kursi2 khusus yang terbuat dari kayu dikhususkan untuk wanita2 lansia, karena kebanyakan yang sholat disini berusia separuh baya. Merekapun terheran2 ketika hostnya masuk gabung sholat dan memakai mukena (dikepalanya tertempel sebuah merk, hihiihi iklan), host menjelaskan kalau itu biasa di Indonesia, para ibu2 itu memakai baju yang dikenakan sehari2 untuk sholat.

Pagi ini terasa lengkap untuk menuturkan suatu yang unik, dengan suasana pagi Cirebon yang cerah, ditemani kicauan burung yang rame dihalaman rumah, seiring pohon mangga sudah mulai rindang, pohon langsat/duku lebih ridang lagi, pohon kedondong juga mulai lebat.

Alhamdulillah

am1

am2

m2

m1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: